Tugas 2. Pengantar Menagemen Bencana

Aida Khairunnisa


ANALISIS KEBENCANAAN GEDUNG 
AKADEMI KEPERAWATAN IBNU SINA KOTA SABANG



Gedung Kampus Akademi Keperawatan Ibnu Sina kota Sabang berlokasi di Jl. Bay Pass  Cot Ba’U kota Sabang, yang berdiri diatas tanah seluas 19.718.00 m², dimana gedung ini adalah bantuan dari palang merah Norwegia dengan klasifikasi bangunan terdiri dari : TABEL   6 ruang kuliah, 2 ruang  Laboratorium Keperawatan, 1 ruang  Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Komputer, Ruang Dosen, Ruang Sekretariat, Ruang Rapat, Ruang Auditorium, Ruang Aula, Fasilitas Olah Raga, Mesjid, Poliklinik, Kafetaria, lapangan parkir, Asrama Putra (16 kamar), Asrama Putri (11 kamar), Ruang Jaga Kepala Asrama, Dapur dan Ruang makan. Dengan struktur yang kokoh dan tahan terhadap gempa. Dalam upaya menunjang proses belajar mengajar Akademi Keperawatan Pemerintah Ibnu Sina Kota Sabang memiliki peralatan utama antara lain : Gedung kuliah ber AC, Komputer, OHP, LCD, Projector, Laptop, White Board, mesin photo copy dan scener, flipchart, telepon, faximile, layanan internet dan website.
fasilitas
Gedung Akademi Keperawatan Ibnu Sina Kota Sabang dianggap gedung siaga bencana dimana bagunan ini dirancang khusus oleh arsitektur handal dengan palang merah nurwegia dan sudah diuji kelayakan nya. Fasilitas yang ada disetiap ruangan terdapat alat pemadam kebakaran dan sign board (papan informasi lokasi dan fungsi), di gedung utama terdapat pintu depan dan juga pintu samping sebagai jalur evakuasi jika terjadi keadaan darurat, di laboratorium dan kelas yang terdiri dari 2 lanta ijuga terdapat jalur akses bencana yang baik dimana memiliki banyak akses tangga samping kiri, kanan dan tengah dari gedung tersebut dan diseluruh gedung ini juga terdapat penangkal petir yang dipasang diatas atap.
 Ketersediaan Informasi
Informasi yang ada masih kurang dimana gedung ini belum adanya jalur penunjuk arah jika terjadi keadaan darurat, di beberapa ruangan sudah terdapat alat pemecah kaca dan alat P3K.
Perilaku

Perilaku di kampus Akademi Keperawatan Ibnu Sina sudah lebih baik dimana dapat dibuktikan dengan perilaku tertipnya mahasiswa dan dosen dalam memarkir kerdaraan, walaupun masih ada yang memarkir di depan ruangan utama jika terburu-buru, sedikit kendala dalam jalur evakuasi darurat bencana ke jalan utama dimana gedung Akademi Keperawatan Ibnu Sina terletak dibelakang Kantor Dinas Kesehatan Kota Sabang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NAMA2 ALAT MEDIS DAN FUNGSINYA BESERTA GAMBAR

LANGKAH-LANGKAH PERTOLONGAN KORBAN / TRIAGE DALAM GAWAT DARURAT DAN BENCANA

chafter 1